Selasa, 26 Maret 2013

Refrensi MY PI

Keunggulan dari Sistem Informasi Perpustakaan

Dalam sebuah SIP memiliki keunggulan dalam pengelolahan datanya , mungkin terlihat sepele dan tidak begitu penting bahkan sebagian perpustakaan sekolah-sekolah masih menggunakan secara manual .
Tanpa disadari pengelolaan informasi perpustakaan adalah hal yang penting bila dilakukan secara terorganisir , apa alasan menggunakan program sebagai pemeliharaan data ?
- Data dapat disimpan terus menerus secara berkala
- Tidak perlu menghabiskan biaya yang banyak
- Userly
- Organisasi Data lengkap secara terperinci

 Fitur Sistem Informasi Perpustakaan
  1. Modul Data Induk Anggota
    • Manajemen Data Induk Anggota, meliputi: fitur pengelolaan Data Mahasiswa dan Dosen, atau Data Anggota dari Luar Instansi dilengkapi dengan pengaturan Klasifikasi dan Status Anggota. Fasilitas add/edit/delete tersedia pada data induk ini, dan di-support dengan Barcode Reader/Scanner untuk mempercepat operasionalisasi ke depannya.
  2. Modul Data Induk Pustaka
    • Manajemen Data Induk Buku dan Inventaris, meliputi: fitur pengelolaan Data Buku hingga Data Inventaris. Informasi detil setiap buku/inventaris seperti: Judul Buku, Tajuk/Subyek, Penulis, Penerbit, Kategori/Kelompok Buku hingga setting status untuk data Inventaris Buku (fisik), seperti Nomor Inventaris, Tanggal Inventaris dan Asal Buku.
  3. Modul Cetak
    • Cetak Kartu Anggota Perpustakaan/Katalog/Barcode. Selain fasilitas cetak kartu-kartu tersebut, juga terdapat menu cetak untuk semua laporan yang terdapat dalam Sistem Informasi Perpustakaan ini.
  4. Modul Konfigurasi Transaksi dan Sistem
    • Konfigurasi Transaksi dan Konfigurasi Sistem, meliputi: konfigurasi data umum perpustakaan dan data transaksi (jml maks. buku dipinjam, lama peminjaman, denda, maks. perpanjangan, masa berlaku kartu anggota, setting hari libur, hingga konfigurasi dashboard pengumuman pada halaman index SIMPERPUS). Juga terdapat konfigurasi User/Group User dan Hak Akses User.
  5. Modul Pelaporan dan Statistik
    • Laporan Anggota Berdasar Jurusan
    • Laporan Anggota Berdasar Tanggal Mendaftar
    • Laporan Buku Berdasar Jurusan
    • Laporan Inventaris Buku
    • Laporan Peminjaman Per Periode
    • Laporan Peminjaman Berdasar No. Mhs
    • Laporan Pengembalian Per Periode
    • Laporan Buku Yang Belum Dikembalikan
    • Laporan Denda Per Periode
    • Laporan Buku Hilang/Rusak, dll.

Sumber :
http://www.airmediapersada.com/sistem-informasi-perpustakaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar